Prinsip Kerja dan Proses Pengiriman Email

Seo Blogger Pemula - Hanya berbagi Tips, Trik, Tutorial, Download, Informasi, Optimasi seo, Sepakbola, Liverpool dan berbagi Artikel Menarik Seo Blogger Pemula.

Setelah anda sobat Seo Blogger Pemula mengetahui Cara Buat E-mail Surat Elektronik, Pengertian dan Sejarahnya  namun jika sobat belum memahami sobat bisa kunjungi terlebih dahulu dan sedikit akan Seo Blogger Pemula beritahukan Prinsip Kerja dan Proses Pengiriman Email. Email yang sobat kirim memiliki beragam tata cara pengiriman dan penerimaanya. Bisa di lihat prosesnya seperti berikut:


  1. Email dengan Post Office Protocol (POP) dan Simple Mail Transfer Protokol (SMTP)

    Pengiriman email ini memungkinkan suatu protokol mengirim dan menerima email dari satu server ke servel lainya. Protokol ini  Post Office Protocol (POP) merupalan protokol yang mengambil kotak surat dari server ke komputer anda sobat Seo Blogger Pemula,  saat ini POP sudah berada di level 3 dan disebut sebagai POP3. Sedangkan Simple Mail Transfer Protokol (SMTP) merupakan protokol yang digunakan untuk mengirim Sura Elektronik dari komputer anda sobat Seo Blogger Pemula ke server yang di tuju. Sehingga dengan POP dan SMYP berkas email yang di kirim oleh pengirim dapat di unduh ke komputer anda sobat Seo Blogger Pemula.
  2. Web based email atau sering di ksebut Email berbasis Web

    Email jenis ini pada dasarnya sama saja dengan email berbasis POP dan SMTP. Hanya saja email jenis ini anda tidak perlu mengunduh dari kotak sura yang ada di server ke komputer anda. Anda tinggal membuka web tertentu seperti Gmail, Yahoo mail dll, untuk membaca dan mengirimkan email anda.
  •  Ani (ani@a.id) menulis e-mail-nya di komputer menggunakan perangkat lunak untuk menulis e-mail, seperti, Thunderbird atau Evolution. Pada kolom To: di masukan alamat tujuan e-mail dalam hal ini beno@b.id. Tombol “Send” di tekan untuk mengirimkan e-mail ke mesin SMTP Server milik ISP A yang bernama smtp.a.id.
  • Setelah mesin smtp.a.id menerima e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id). Server smtp.a.id men-cek alamat e-mail tujuan (dalam hal ini beno@b.id). Mesin smtp.a.id membutuhkan informasi ke server mana e-mail untuk mesin b.id harus di tujukan. Untuk memperoleh informasi tersebut mesin smtp.a.id bertanya ke Name Server (NS) ns.b.id di Internet yang membawa informasi tentang domain b.id.
  • Mesin Name Server ns.b.id memberitahukan mesin smtp.a.id, bahwa semua e-mail yang ditujukan kepada b.id harus dikirim kepada mesin smtp.b.id.
  • Setelah memperoleh jawaban dari ns.b.id, bahwa e-mail harus dikirim ke mesin smtp.b.id, maka mesin smtp.a.id berusaha untuk menghubungi mesin smtp.b.id. Setelah mesin smtp.b.id berhasil di hubungi, mesin smtp.a.id akan mengirimkan teks e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id) ke mesin smtp.b.id.
  • Beno (beno@b.id) yang sedang menjalan perangkat lunak pembaca e-mail di komputer-nya akan mengambil e-mail dari server smtp.b.id. E-mail dari Ani (ani@a.id) akan terambil dan dapat di baca secara lokal di komputer Beno (beno@b.id).
Seo Blogger Pemula Prinsip Kerja Dan Proses Pengiriman Email


Selain kedua hal diatas Prinsip Kerja dan Proses Pengiriman Email, email juga dibedakan berdasarkan format isinya, yakni sebagai berikut:

  1. Plain text email
    Plain text email adalah jenis email yang isinya diformat menggunakan sistem American Standart Code for Information Interchange (ASCII). Tulisan yang dibuat dengan format ini tidak dapat dimodifikasi seperti warna, ukuran, jenis font dan lain sebagainya. Semua sesuai dengan aslinya. Tidak ada pengolahan atau penambahan aksesoris.
  2. HTML email
    HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language yang merupakan bahasa standar yang digunakan untuk mengatur penampilan informasi di Internet. Email yang menggunakan format ini umumnya dapat disesuaikan dengan selera pengirimnya. Dengan begitu email tersebut dapat ditambahkan macam-macam aksesoris, seperti penggantian jenis font, warna font dan juga besaran font pada tiap bagian surat.


Demikian sedikit tentang Prinsip Kerja dan Proses Pengiriman Email yang di dapat dari berbagai sumber yang telah mengalami sedikit perubahan semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar sobat untuk lebih membangun Seo Blogger Pemula.

3 komentar:

  1. Info tentang bagaimana cara kerj emailnya sama proses pengiriman email bermanfaat gan.,... fisit bliknya gan http://jejaknaruto.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. istilah-istilahnya bikin saya gx ngerti gan

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dan Follow Google+ Seo Blogger Pemula untuk lebih membangun, Berkomentarlah Sesuai Isi dan topik yang di bahas No SARA No SPAM.
Maaf Komentar yang tidak membangun dan tidak sesuai topik kami delet.. mohon pengertiannya karena usia blog ini masih sangat dini....


Memasang Link Hidup akan di hapus...

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb atau twitter kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu dan publish


Tidak ada kompromi bagi spammer.

Terimakasih sudah berkometar dengan Bijak No Spam dan No Sara .