Cara Buat E-mail Surat Elektronik, Pengertian dan Sejarahnya

Seo Blogger Pemula - Hanya berbagi Tips, Trik, Tutorial, Download, Informasi, Optimasi seo, Sepakbola, Liverpool dan berbagi Artikel Menarik Seo Blogger Pemula.

Sudah tidak asing lagi bagi sobat apa itu email, surat elektronik ini sudah berkembang begitu pesat, hampir setiap orang yang telah mengenal Internet pasti sudah mengetahui email. Email digunakan karena lebih cepat dalam menyampaikan pesan dibandingkan dengan surat yang kita ketik maupun ditulis tangan yang dikirimkan melaui jasa pengiriman seperti Pos dll. Cara Buat E-mail Surat Elektronik, Pengertian dan Sejarahnya.

Awalnya email di kembangkan oleh seorang insinyur bernama Ray Tomlinson Pada tahun 1971,ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan.
Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".


Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".
Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora
Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika.

Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer.
Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum, baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo!, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb sampai yang tak terbatas.

Email atau surat elektronik ini merupakan cara atau metode berkirim pesan melalui jaringan internet dengan seperangkat komputer yang terhubung dengan internet dan di tujukan ke alamat email tujuan. Tanpa memiliki Alamat email kita tidak dapat berkirim pesan. syarat berkirim surat elektronik adalah memiliki alamat email. Selain berkirim pesa email juga dapat berkirim dokumen, membuat blog, Facebook Twitter dll.

Baik jika Sobat penasaran bagaimana membuat email langsung saja akan saya bagikan bagaimana membuat email dengan Gmail agar sobat memiliki alamat di internet..


  • Pastikan Komputer atau Leptop anda tekoneksi baik dengan Internet, dan bisa Mengakses Internet.
  • Buka web Browser anda dan ketikan Gmail, masuk ke halam Gmail, di sebelah Kanan monitor anda ada Create an Account klik dan mulai mendaftar.
  • Isilah langkah-langkah yang di sediakan. Tanpa diisi dengan lengkap kemungkinan anda akan sulit untuk mendapatkan dan mendaftar e-mail.
  • Nama, isikan nama anda, nama depan dan nama belakang anda. 
  • Choose your Username, Pilih nama alamat pengguna,  ini diisikan sesuai keinginan anda, Contoh anak.nakal@gmail.com, dan alamat ini yang nantinya akan menjadi alamat e-mail anda.
  • Create a Password, Isikan password yang anda ingikan dan mudah untuk selalu anda ingat, dengan password ini anda dapat mengakses e-mail anda. Ingat dan jangan sampai lupa.
  • Confrim your Password, Isikan Password anda kembali seperti pada Create a Password. Jangan pernah lupa dengan password anda.
  • Brithday, Isikan tanggal lahir anda, day untuk tanggal lahir anda, Month untuk bulan, Year untuk tahun, contoh 02 Mei 1989.
  • Gender, pilih jenis kelamin anda Femele untuk perempuan dan Male untuk peria, jika tidak ada yang sesuai dengan Gender anda pilih Other.
  • Mobile phon, masukan no televon anda, pilih sesuai kode negara anda, untuk indonesia menggunakan +62. Ini wajib untuk anda isi, biasanya Google akan mengirimkan kode ferifikasi untuk mengaktifkan e-mail anda lewat SMS atau Telvon ke nomer anda, karena ferifikasi bagian yang sangat penting agar email anda dapat di gunakan.
  • Your Current email address, isi email anda yang lain untuk ferifikasi atau bisa juga anda kosongkan.
  • Ketikan 2 kata captcha yang tersedia 
  • Pilih lokasi negara contoh Indonesia. Dan centang I agree to google.....
  • klik step selanjutnya.
  • Di dalam step selanjutnya biasanya anda di suruh untuk mengisikan kode ferifikasi yang google kirimkan lewat SMS, pilih saja Proses Pengirimanya lewat SMS dan jika sudah mendapatkan kodenya Isi dan ferifikasi.
  • Anda juga bisa menambahkan Foto setelah itu sesuai keinginan anda.
  • Kemudian akan muncul topik Selamat datang klik Ke Gmail.
  • Setelah itu kemungkinan ada 3 Inbox yang masuk ketika anda sudah masuk ke halaman email anda. Inbox selamat datang, pengaturan kontak/impor kontak email anda, ubah tema, dan dapatkan email anda dengan ponsel.

Selesai langkah membuat email menggunakan Gmail, untuk pengaturan yang lain anda bisa menyesuaikan sendiri. Untuk Cara Buat E-mail Surat Elektronik, Pengertian dan Sejarahnya di Internet yang lain seperti Yahoo, dudumail, dan lainya kemungkinan untuk mendaftarnya sama saja.
semoga bermanfaat Cara Buat E-mail Surat Elektronik, Pengertian dan Sejarahnya...

6 komentar:

Silahkan berkomentar dan Follow Google+ Seo Blogger Pemula untuk lebih membangun, Berkomentarlah Sesuai Isi dan topik yang di bahas No SARA No SPAM.
Maaf Komentar yang tidak membangun dan tidak sesuai topik kami delet.. mohon pengertiannya karena usia blog ini masih sangat dini....


Memasang Link Hidup akan di hapus...

Cara Berkomentar untuk yang tidak memiliki blog:
1. Klik select profile --> pilih Name/URL
2. Isi nama kamu dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat fb atau twitter kamu
3. Klik Lanjutkan
4. Ketik komentar kamu dan publish


Tidak ada kompromi bagi spammer.

Terimakasih sudah berkometar dengan Bijak No Spam dan No Sara .